Press "Enter" to skip to content

5 Manfaat Pengembangan Energi Terbarukan Sebagai Alternatif Pengganti Minyak Bumi

0

Krisis energi kini melanda banyak negara, tidak hanya dari negara maju saja, untuk negara berkembang juga mengalami hal sama. Tingkat konsumsi energi yang sudah lama seperti minyak bumi memberi dampak buruk terhadap lingkungan. Proses pengembangan energi terbarukan di berbagai negara termasuk Indonesia harus segera dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beberapa tahun ke depan.

Dari tahun ke tahun konsumsi energi dari semua sektor kian bertambah sehingga membuat pemerintah melakukan berbagai macam solusi. Untuk berbagai macam energi yang saat ini tengah dikembangkan telah memberi manfaat dimana saat ini belum banyak dirasakan. Oleh karena itu untuk memberi informasi bagi semua kalangan masyarakat, maka proses pengembangan energi terbarukan bisa memberi manfaat kepada masyarakat, diantaranya:

1. Emisi Gas Kaca Berkurang

Kita tahu banyak negara maju sampai berkembang tengah berusaha mengurangi kadar gas emisi yang sangat buruk bagi lingkungan. Fakta bahwa kadar gas emisi terlalu tinggi bahkan cenderung meningkat akan berdampak buruk bahkan bisa mempercepat proses Global Warming atau pemanasan global. Bahkan saat ini isu perubahan iklim sudah banyak terjadi sehingga membutuhkan langkah-langkah tepat salah satunya mengembangkan sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan.

2. Memberi Kesehatan Publik Lebih Baik

Berbagai macam masalah kesehatan yang diakibatkan pencemaran lingkungan kini menjadi perbincangan banyak kalangan. Harus ada solusi terbaik dan paling tepat untuk mengatasi gangguan kesehatan akibat pencemaran lingkungan. Melakukan pengembangan energi terbarukan di negara besar seperti Indonesia bisa jadi solusi terbaik yang tidak memberi dampak buruk bagi kesehatan.

3. Memberi Ketersediaan Energi Lebih Besar

Permasalahan serius mengenai ketersediaan energi yang mulai menipis yakni harus ada pengembangan terbaru dimana mampu memberi ketersediaan lebih besar. Ketersediaan sumber energi yang mampu diperbaharui dalam waktu cepat bisa jadi solusi agar berbagai bidang bisa terus berjalan serta memberi dampak lebih baik terhadap kelestarian lingkungan.

4. Energi Pilihan Terbaik

Mendapatkan energi terbaik dan bisa digunakan dalam waktu panjang memang cukup sulit, namun dari upaya mencari energi terbaru harus mengusung tema ramah lingkungan serta memiliki ketersediaan cukup besar sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu lama. Pemilihan bahan bakar fosil masih belum memberi dampak baik terhadap lingkungan, meski sudah menjadi pilihan utama dalam jangka waktu lama tetapi harus ada pilihan baru yang lebih baik.

5. Memberi Ketersediaan Lapangan Kerja

Sudah pasti dari proses produksi energi baru memerlukan tenaga kerja dalam jumlah cukup besar. Oleh karena itu dengan mengusung tema padat karya maka peluang membuka lapangan kerja dalam kapasitas besar.

Meskipun dari proses pengembangan energi terbarukan di Indonesia masih terhambat soal fasilitas tetapi peluang untuk mendapatkannya masih terbuka lebar. Kesehatan lingkungan serta masyarakat harus terus diusung dalam proses membuat sumber daya baru agar mampu memberi solusi terbaik untuk semua sektor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − seven =