Press "Enter" to skip to content

9 Tips untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anda

0

Menurut sebuah survei oleh Asosiasi Nasional Perguruan Tinggi dan Pengusaha, keterampilan komunikasi terdaftar sebagai kualitas paling penting yang dicari dalam kandidat pekerjaan.

Berikut daftar sifat yang paling diinginkan (pada skala 1-5, 1 = sama sekali tidak penting, 5 = sangat penting):

  • Keterampilan komunikasi (4.7)
  • Kejujuran / integritas (4.7)
  • Keterampilan kerja tim (4.6)
  • Etos kerja yang kuat (4.5)
  • Keahlian analitis (4.4)
  • Fleksibilitas / kemampuan beradaptasi (4.4)
  • Keterampilan interpersonal (4.4)
  • Motivasi / inisiatif (4.4)
  • Keterampilan komputer (4.3)

Sekarang inilah intinya : dari semua kualitas itu, tebak yang mana yang paling sering dikutip sebagai calon kandidat yang hilang?

Benar, keterampilan komunikasi.

Jadi, apakah Anda ingin menjadi yang terdepan di pasar kerja – atau di dalam perusahaan Anda sendiri – kemampuan Anda untuk berkomunikasi akan membuat Anda menonjol!

Berikut adalah 9 Tips untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anda:

  1. Jadikan komunikasi sebagai prioritas. Ambil kelas, baca buku, artikel majalah, atau belajar dari komunikator yang sukses di sekitar Anda. Cari seorang mentor atau pelatih.
  2. Sederhanakan dan tetap fokus. Gunakan bahasa yang sederhana dan langsung. Ingat bahwa Alamat Gettysburg Lincoln adalah 286 kata, sekitar dua menit.
  3. Libatkan pendengar atau pembaca Anda. Tarik pendengar dan pembaca Anda ke dalam percakapan. Ajukan pertanyaan dan undang pendapat. Mintalah tanggapan mereka.
  4. Luangkan waktu untuk merespons. Setelah Anda mendengarkan (dan mengerti), luangkan waktu untuk “menyusun” di kepala Anda apa yang ingin Anda katakan.
  5. Pastikan Anda dipahami. Jangan salahkan orang lain karena tidak mengerti. Alih-alih, cari cara untuk mengklarifikasi atau membentuk ulang apa yang ingin Anda katakan sehingga bisa dipahami.
  6. Kembangkan keterampilan mendengarkan Anda juga. Komunikator terbaik hampir selalu merupakan pendengar terbaik. Dengarkan tanpa penilaian dan jangan terganggu dengan memikirkan apa yang ingin Anda katakan selanjutnya. Kemudian, tanggapi, jangan bereaksi.
  7. Bahasa tubuh itu penting. Studi menunjukkan bahwa 65% dari semua komunikasi adalah non-verbal. Perhatikan tanda-tanda visual yang dipahami, disetujui, atau tidak disetujui oleh pendengar Anda. Dan ketahuilah bahwa tubuh Anda juga mengirimkan sinyal.
  8. Pertahankan kontak mata. Apakah berbicara kepada orang banyak atau satu lawan satu, mempertahankan kontak mata membangun kredibilitas dan menunjukkan Anda peduli dengan pendengar Anda.
  9. Hormati audiens Anda. Kenali pesan Anda bukan hanya tentang Anda atau apa yang Anda inginkan. Anda harus dengan tulus peduli tentang kebutuhan dan perspektif unik orang-orang yang Anda ajak berkomunikasi. Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan rasa hormat Anda adalah hanya dengan memperhatikan apa yang mereka katakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =