Press "Enter" to skip to content

Mengenal RACI Matrix – Roles and Responsibilities Guidance

0

RACI adalah tools yang digunakan untuk mengidentifikasi roles dan responsibility tim selama proyek berlangsung. RACI singkatan dari Responsible, Accountable, Consulted dan Informed. Tool manajemen RACI sangat membantu sebuah proyek dimana ada banyak orang yang terlibat dalam pekerjaan atau dalam pembuatan keputusan, tetapi tanggung jawab masing-masing tim belum jelas. RACI membantu mengidentifikasi tanggung jawab dan menghindari kebingungan tentang roles dan responsibility masing-masing tim.

Definisi RACI :

  • Responsible: Orang yang melakukan kegiatan atau pekerjaan. Biasanya hanya satu orang sebagai “R”, dan dapat didelegasikan kepada orang lain untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.
  • Accountable: Orang yang bertanggung jawab untuk mereview dan menyetujui (approval) dari pekerjaan “R”.
  • Consulted:Mereka yang memberikan umpan balik, saran dan rekomendasi terhadap sebuah pekerjaan. Itu dibutuhkan untuk memastikan bahwa pekerjaan dilaksanakan dengan benar, sesuai spesikasi dan prosedur.
  • Informed:Mereka yang harus tahu setiap kemajuan proyek, karena pekerjaan mereka  dipengaruhi oleh keputusan dan mungkin harus melakukan perubahan akibat dari revisi pekerjaan. Komunikasi satu arah.

RACI matriks membantu memvisualisasikan roles dan responsibility tim yang terlibat dalam proyek dan membantu mengidentifikasi pemakaian resource dalam proyek.

Anda ingin contoh RACI? Komen dibawah ini dengan mencantumkan email Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − seventeen =