Press "Enter" to skip to content

Mobil Listrik — Transportasi Masa Depan Jadi Dambaan

2

Mobil listrik — transportasi masa depan bisa menjadi salah satu alternatif berkendara. Definisi dari mobil listrik sendiri merupakan sebuah mobil dimana menggunakan motor listrik sebagai alat penggerak. Sementara itu, energi listrik telah disimpan di dalam sebuah baterai maupun tempat untuk menyimpan energi lainnya. Sedangkan untuk sejarah perkembangannya, mobil ini telah dikenal di akhir abad kesembilanbelas serta di awal abad keduapuluh. Namun, mengalami kemunduran dari segi popularitas. Hal ini karena adanya teknologi pada mesin pembakaran makin maju serta harga dari bahan bakar kendaraan, yaitu bensin semakin murah. Karena adanya krisis energi di tahun 1970-an serta 1980-an, maka telah menjadi pemicu dari kebangkitan mobil listrik. Namun, baru tahun 2000-an, para produsen dari kendaraan menaruh minat untuk lebih serius berkecimpung pada mobil jenis ini.

Pasang Surut Perkembangan Mobil Listrik

Mobil listrik — transportasi masa depan memang memiliki sejumlah kelebihan dibanding dengan mobil dengan mesin yang mempunyai pembakaran biasa. Hal yang paling utama adalah mobil listrik tidak pernah menghasilkan emisi dari kendaraan bermotor. Sehingga, bisa mengurangi adanya emisi pada efek rumah kaca, sebab memang tidak memerlukan bahan bakar berupa fosil untuk menjadi penggerak utama. Namun, selain kelebihan yang dimiliki, mobil listrik masih mempunyai kekurangan. Sebab, dari segi harga memang jauh lebih mahal dibanding dengan mobil biasa. Hal ini disebabkan karena harga dari baterai sebagai penggerak yaitu berupa ion lithium memang mahal. Meskipun demikian, harga dari baterai tersebut mulai mengalami penurunan, sebab untuk sistem produksi jumlahnya ditingkatkan.

Adapun faktor lain yang menjadi penghambat dari pertumbuhan mobil listrik — transportasi masa depan  adalah jumlah dari stasiun untuk pengisian jumlahnya masih sedikit. Selain itu, adanya rasa takut dari para pengendara ketika di tengah perjalanan, mobil listrik akan kehabisan baterai sebelum sampai ke tujuan. Selain adanya faktor penghambat tadi, masih ada kelebihan lain yang dimiliki oleh mobil jenis ini. Salah satunya adalah adanya faktor kenyamanan serta cara pengoperasian lebih mudah dibanding dengan kendaraan bermesin biasa. Namun, kekurangan dari mobil jenis ini terdapat pada jarak tempuh yang masih terbatas dibanding dengan mobil mesin secara umum. Namun, seiring dengan adanya perkembangan yang sempat terjadi, mobil listrik pernah berjaya dengan memegang rekor tempuh terjauh dan tercepat.

Dengan demikian, meskipun ada banyak kelebihan dari mobil listrik, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dikembangkan. Dengan adanya kekurangan inilah, maka mobil jenis ini mengalami penurunan. Ditambah lagi dengan adanya perkembangan teknologi terbaru pada mobil mesin biasa dan harga bahan bakar yang murah, menyebabkan mobil listrik menjadi kurang populer. Meskipun demikian, mobil listrik sempat mengalami kemajuan dengan meraih rekor tercepat dan terjauh. Itulah perjalanan dari mobil listrik — transportasi masa depan.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 11 =