Press "Enter" to skip to content

Sekilas Tentang Baseline Dalam Schedule Manajemen Proyek Konstruksi

0

Baseline Schedule adalah schedule proyek konstruksi yang telah disetujui oleh stakeholder pada tahap perencanaan sebelum proyek dimulai. Baseline sifatnya tetap, tidak berubah, yang menjadi patokan terhadap pengukuran aktual pekerjaan. Progress pekerjaan diukur dari tanggal aktual mulai atau selesai sebuah pekerjaan dan dibandingkan terhadap tanggal baseline dimana deviasi yang terjadi bisa lebih cepat atau lebih lambat.

Selain progress pekerjaan, biaya aktual proyek juga diukur terhadap biaya baseline proyek. Pada saat proyek baru dimulai, baseline schedule sama dengan aktual schedule. Tetapi seiring waktu berjalannya proyek, aktual schedule akan mengalami deviasi terhadap baseline akibat dari resiko yang tidak terlihat saat perencanaan, perubahan scope dan factor lain diluar kendali proyek.

Deviasi terhadap baseline akan menentukan langkah selanjutnya dalam pengendalian proyek. Semakin besar deviasi yang terjadi, semakin besar usaha yang dibutuhkan untuk mengembalikan progress yang terlambat.

Dalam schedule, akan ada penambahan kolom baseline start dan baseline finish disamping kolom aktual start dan aktual finish. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan proses pengontrolan. Selain penambahan kolom, Gantt Chart Bar dalam software manajemen proyek di setting menjadi 2 bar yaitu bar baseline dan bar actual untuk memudahkan pengontrolan biaya dan schedule secara grafis.

Selain modifikasi kolom pada schedule manajemen proyek konstruksi, dibuat juga S-Curve untuk mengontrol progress dan biaya. Secara umum ada dua garis yaitu garis baseline (PLAN) dan garis Aktual seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − two =