Press "Enter" to skip to content

3 Parameter Kunci Sebuah Proyek Dikatakan Sukses

0
Parameter proyek sukses telah didefinisikan pada tahap awal perencanaan proyek. Dalam metodologi manajemen proyek, faktor keberhasilan dikembangkan sebagai bagian dari Tahap Initiation. Sukses tidak terikat hanya pada biaya dan waktu saja, bahkan ada proyek dianggap sukses meskipun biaya proyek melebihi anggaran. Beberapa pertanyaan kunci yang menentukan keberhasilan proyek sebagai berikut ini:
  • Apakah tujuan keberhasilan yang dicapai?
  • Apakah stakeholder dan client melihat proyek dengan cara yang positif?
  • Apakah proyek dikelola dengan baik?
  • Apakah tim bekerja sama dengan baik dan menyadari apa yang sudah berjalan dengan baik dan apa saja yang perlu ditingkatkan pada proyek selanjutnya (Lessons Learned)?

Keberhasilan proyek adalah topik yang sudah lama dibahas dalam bidang manajemen proyek. Studi yang telah dilakukan oleh pakar ilmu manajemen proyek tentang keberhasilan proyek mengungkapkan bahwa biaya, waktu dan kualitas adalah tiga ukuran dasar dan paling penting sebagai indikator kinerja dalam sebuah proyek. parameter lain, seperti safety, functionality and client’s satisfaction sudah mulai dipertimbangkan akhir-akhir ini. Penetapan parameter keberhasilan proyek pada tahap perencanaan sangat penting. Ini memberikan patokan ukuran kinerja proyek yang akan dikerjakan. Parameter Ini harus diketahui oleh project manager, client dan semua stakeholder sebagai acuan melaksanakan proyek.

1. Waktu
Waktu adalah durasi untuk menyelesaikan sebuah proyek. Start date dan Finish date setiap aktivitas dalam proyek ditentukan dan menjadi baseline proyek. Baseline ini akan menjadi acuan terhadap actual pekerjaan untuk tiap-tiap ativitas. Productivitas proyek akan diukur terhadap baseline ini apakah terlambat, tepat waktu atau lebih cepat.
2. Biaya
Biaya adalah parameter penting lainnya. Biaya tidak hanya terbatas pada biaya yang disepakati saat lelang dan tanda tangan kontrak, tetapi biaya keseluruhan proyek ditambah biaya tak terduga seperti change order, modifikasi pekerjaan selama masa konstruksi dan biaya hukum yang dikeluarkan akibat perselisihan kontrak. Ukuran biaya dapat berupa biaya per unit atau persentase biaya terhadap anggaran.
3. Kualitas
Kualitas adalah kriteria dasar lain sebagai parameter kesuksesan proyek. Kualitas adalah jaminan sebuah produk untuk memberikan keyakinan bagi client atau end-user untuk membeli atau menggunakan produk tersebut. Quality Plan dibuat oleh client sebagai pedoman bagi kontraktor dalam mengerjakan proyek. Ukuran spesifikasi teknis adalah sejauh mana persyaratan teknis yang ditetapkan dapat dicapai. Pengukuran kualitas akan diukur secara subjektif dengan menggunakan referensi yang disebutkan dalam Quality Plan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =